Rabu, 02 Agustus 2017

(Coba) Bertekad Sepenuh Hati, Wujudkan Pantai Ngantep Berseri




Berbicara tentang pantai di Malang selatan tentu tak ada habisnya, keindahan serta keunikan yang ditawarkanpun beragam hingga menarik wisatawan untuk datang. Salah satu pantai yang memiliki daya tarik  tersendiri adalah pantai Ngantep yang terletak di Desa Tumpakrejo Kecamatan Gedangan, Mendapat kesempatan untuk menilik lebih dalam lagi mengenai pantai Ngantep merupakan suatu kesenangan tersendiri bagi Tim Pernik Bestari. Pantai Ngantep, sebuah pantai dengan sejarah magis yang panjang juga kerukunan yang tercipta antara pengelola dan masyarakat sekitar hingga menjadi salah satu pantai nan indah dan berseri.
            Menuju ke Pantai Ngantep, memerlukan perjuangan dan semangat yang cukup besar, hal ini karena jalan menuju lokasi pantai Ngantep yang dilalui setelah memasuki desa Tumpakrejo bukan jalanan beraspal melainkan jalan tanah biasa. Hingga tak dapat Tim Pernik bayangkan betapa sulitnya melewati jalan itu jika berkunjung di musim hujan. Untungnya, Tim Pernik berkunjung di musim kemarau sehingga tak perlu merasakan terjebak lumpur tanah di perjalananya.
            Namun demikian, akses jalan yang tak mudah untuk dilalui saat ini, beberapa tahun kedepan jika berkunjung ke pantai Ngantep mungkin tak akan lagi dirasakan. Sebab, Pengelola dalam hal ini, Perhutani yang bekerjasama dengan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) dan LKDPH (Lembaga Kemitraan Desa Pemangku Hutan) telah merencanakan pembangunan akses jalan yang memadai untuk menuju pantai Ngantep.
Tak hanya itu, Yuli Setyadi selaku pengelola yang merupakan anggota dari Polhut (Polisi Hutan) mengutarakan bahwa, pengelola juga memiliki banyak rencana bagi perkembangan wisata pantai Ngantep diantaranya pembangunan fasilitas umum seperti gorong-gorong, loket yang memadai, juga rencana kedepan untuk memberikan fasilitas bagi peselancar karena pantai Ngantep yang juga terkenal dengan ombaknya yang tinggi namun tak terlalu dalam sehingga aman bagi peselancar, meski saat ini rencana tersebut masih terbentur oleh dana, selain itu juga memperindah danau disebelah timur pantai yang mungkin bisa dijadikan pemandian bagi wisatawan.
            Salah satu yang telah coba dilakukan adalah membuat kampung wisata tani di sebelah utara pantai dan kampung wisata nelayan disebelah barat. Rencana tersebut sempat coba direalisasikan pada awal dibukanya wisata tersebut untuk umum sekitar 4-5 tahun yang lalu dengan pembangunan rumah yang seragam untuk kampung wisata tani dan harus ada masyarakat yang berjualan dari hasil pertanian mereka serta kampung nelayan yang diperuntukan untuk wisatawan yang ingin tahu lebih dalam tentang nelayan. Meski kini proyek tersebut tinggal cerita saja dan tak sesuai dengan yang diharapkan. Menurutnya hal ini karena susahnya menata banyak orang. 1p_nul

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nila Lailatul Iza Template by Ipietoon Cute Blog Design